Yuk Ketahui Keuntungan Dari Hemat Listrik

Sejauh ini, bumi masih merupakan satu-satunya planet yang layak untuk ditinggali oleh seluruh makhluk hidup di dunia, baik itu tanaman, flora dan fauna, serta manusia. Hanya saja, sangat disayangkan bahwa seiring berjalannya waktu, bumi yang menjadi habitat kita ini mulai mengalami kerusakan dan krisis, yang tentunya juga akan berdampak pada seluruh makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Banyak sekali hal-hal yang menfaktori kerusakan bumi yang terjadi saat ini, seperti polusi udara yang sudah tidak dapat terelakan, lautan yang dipenuhi oleh sampah, terutama sampah plastik yang sangat sulit untuk teruirai, hingga penggunaan listrik berlebih yang menjadi salah satu faktor terjadinya global warming (pemanasan global).

Tentu saja runutan peristiwa yang dialami oleh bumi tidak mungkin terjadi dengan sendirinya. Perbuatan manusia merupakan salah satu aspek mengapa hal tersebut bisa terjadi. Padahal, manusia sebagai penghuni bumi seharusnya memiliki kewajiban dalam menjaga tempat tinggal satu-satunya ini agar bumi pun juga memiliki usia yang panjang.

Coba bayangkan jika bumi sudah benar-benar rusak, dimanakah manusia akan tinggal? Maka dari itu, ada baiknya bila manusia mulai melakukan aksi untuk menjaga bumi sejak dini, guna menghindari hal-hal terburuk yang akan terjadi.

Sebenarnya, menjaga bumi tidak sulit kok, malah cenderung sangat mudah. Hanya saja yang menjadi permasalahan saat ini adalah, apakah manusia itu sendiri tergerak dan memiliki kesadaran untuk melakukannya atau tidak. Banyak sekali perbuatan kecil yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap bumi.

Sebut saja seperti membuang sampah pada tempatnya, tidak menggunakan plastik sekali pakai dan selalu membawa botol minum serta shopping bag ketika bepergian, dan mengurangi penggunaan listrik. Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum memiliki informasi lengkap mengenai betapa besarnya pengaruh listrik terhadap kerusakan bumi.

Padahal, listrik memberikan kontribusi yang cukup berarti terhadap terjadinya pemanasan global lho. Tetapi, hanya dengan kamu menghemat setidaknya sedikit saja dari penggunaan listrik, kamu sudah memberikan kontribusi pula terhadap kelangsungan bumi. Bagaimana sih cara menghemat listrik?

Kamu bisa melakukannya dengan selalu mematikan lampu ketika keluar ruangan atau sebelum tidur, langsung mencabut stop kontak atau colokan perangkat teknologi setelah digunakan, dan menggunakan Ac seperlunya. Sangat mudah bukan?

Selain berkontribusi dalam menjaga kesehatan bumi, menghemat listrik juga akan memberikan mu beberapa keuntungan lho.

(Baca juga: Cara Hemat Listrik)

Keuntungan Menghemat Listrik

  1. Hemat Biaya Pengeluaran Rumah Tangga

Ketika kamu menggunakan listrik, kamu pasti harus membayarnya setiap bulan kan. Nah, dengan menghemat listrik, kamu juga menjadi bisa lebih hemat dalam hal membayar tagihan listrik rumah tangga setiap bulannya. Pengeluaran bulanan mu akan menjadi lebih ringan.

Uang yang tadinya kamu gunakan untuk membayar tagihan listrik yang tinggi, sebagiannya bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya yang jauh lebih penting.

2. Hemat Penggunaan Perangkat Elektronik

Hampir seluruh perangkat elektronik dapat kita gunakan berkat adanya aliran listrik. Dengan sering mematikan lampu, meminimalisir penggunaan Ac, dan mencabut colokan perangkat teknologi sesudah digunakan, secara tidak langsung membuat usia dari elektronik tersebut menjadi semakin panjang.

Perlu diketahui bahwa setiap perangkat elektronik pasti memiliki usianya masing-masing. Semakin sering elektronik tersebut digunakan, maka usianya pun juga akan semakin pendek, dan dengan menghemat listrik, kamu juga secara tidak langsung membuat usia perangkat elektronik tersebut menjadi lebih panjang.

Misalkan, perangkat tersebut diprediksi hanya berusia 5 tahun saja, tetapi karena kamu tidka menggunakannya secara berlebihan, perangkat justru tetap bisa digunakan walaupun sudah berusia 10 tahun atau lebih.

3. Hemat Penggunaan Bahan Bakar Fosil

Perlu diketahui bahwa aliran listrik bersumber pada bahan bakar fosil yang mengakibatkan terlepasnya Co2 yang menghasilkan gas rumah kaca ke atmofer, yang menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global. Pasti disini sudah banyak yang tahu dong akibat dari terjadinya pemanasan global terhadap bumi dan hidup kita.

Dengan menghemat listrik, secara tidak langsung kamu sudah memberikan kontribusi terhadap bumi dan pemanasan global. Hal tersebut pun juga akan berdampak pada memperlambatnya pencairan es di Kutub Utara sekaligus mengurangi polusi udara.

Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui betapa pentingnya menjaga bumi untuk masa depan nanti. Mungkin kita belum merasakannya saat ini, namun apa yang terjadi di bumi saat ini sedikit lebih banyak akan dirasakan oleh anak cucu kita di masa depan nanti.

Perlu diingat bahwa sekecil apapun aksi yang kamu lakukan, akan memberikan dampak sangat besar terhadap bumi, salah satunya yaitu dengan menghemat penggunaan listrik. Yuk kita mulai menjaga bumi demi masa depan yang lebih baik.

Mau tahu cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik? Baca saja di https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *